RSS

Gubernur Jambi buka Halaqah Ponpes

23 Nov

JAMBI-KANWIL DEPAG.
Gubernur Jambi yang diwakili oleh staf ahli bidang kemasyarakatan dan SUMBER daya Manusia Natres (SENIN,23/11) MEMBUKA KEGIATAN HALAQAH PONDOK PESANTREN SE-PROVINSI JAMBI yang berlangsung di aula Kantor Bupati Tebo.
Acara halaqah Pondok Pesantren tersebut selain dihadiri oleh 182 para pimpinan Pondok Pesantren, juga dihadiri oleh para pejabat eselon II dilingkungan Provinsi Jambi, juga ikut dihadiri oleh unsur Muspida Kabupaten Tebo, dan pejabat eselon II dan III dilingkungan pemerintah Kabupaten Tebo. Bupati Tebo H.Madjid Mu`az selaku tuan rumah dalam sambutan mengatakan, Pondok Pesantren (Ponpes) memang cenderung kepada pendidikan untuk mencetak intelektual berbasis Alqur`an atau kiyai
“Bahkan kurikulum pendidikan di Ponpes sangat berbeda dengan sekolah umum lainnya”
Diungkapkannya, manajemen Ponpes cenderung kharismatik, personal base serta berbasis kiyai. juga tidak berdasarkan kurikulum yang berkembang dan spesialisasi saat ini.
Untuk menghilangkan kesan itu maka dengan halaqah se-Provinsi Jambi akan mampu meningkatkan revitalisasi spirit pesantren. Dengan itu diharapkan ponpes akan mampu berkompetisi dengan sekolah umum.
“Dengan UU Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional. Maka telah banyak mengubah wujud Ponpes. Kesannya yang kolot menjadi modern, bahkan santri sudah dibenahi dengan berbahas Arab dan Inggris sebagai percakapan sehari-hari”,  tegasnya.
Sementara itu pelaksana Tugas Kakanwil Departemen Agama Provinsi Jambi Drs. H. Ahmad Madani, M.Pd.I mengatakan, dasar pemikiran diselenggarakan Halaqah Pondok Pesantren ini adalah untuk menyamakan persepsi menghadapi persoalan dan masalah dalam pengembangan pondok Pesantren dengan mengadakan kesepakatan dan Kerjasama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait.
Lebih Lanjut Ahmad Madani mengadakan kegiatan ini bermaksud, agar pimpinan pondok pesantren mendapat informasi yang lebih kongkrit dari pemerintah daerah instansi terkait dalam Provinsi Jambi tentang pembangunan dan Program pengembangan potensi pondok pesantren menuju pondok Pesantren yang maju dan mandiri.
Selain itu halaqah ini bertujuan, pertama, teridentifikasi berbagai persolan dan kendala pengembangan pondok pesantren di Provinsi jambi untuk dapat dipecahkan bersama oleh Pemerintah Daerah dan Instansi. Kedua, terwujudnya jalinan Ukhawah Islamiyah dan Komunikasi antar pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren dengan Pemerintah Daerah serta Dinas Provinsi dan Kabupaten dalam Provinsi Jambi, Ketiga, terciptanya komitmen yang lebih kongrit dari Pemerintah Daerah dan Dinas Provinsi dan Kabupaten Kota untuk memajukan Pondok Pesantren di Provinsi Jambi.
Sedangkan Tema Kegiatan Halaqah ini pondok pesantren kita tingkatkan revitalisasi spirit pesantren sebagai pusat Taffaquh Fiddin, untuk membangun moral Bangsa, generasi cerdas, Religius dan berbudaya”
Untuk peserta sebanyak 192 orang, terdiri dari 182 orang dari utusan pimpinan pondok Pesantren yang ada dalam Provinsi Jambi, dan 10 orang dari para Kasi Pekapontren di Kandepag Kota dan Kabupaten yang ada dalam Provinsi Jambi, sedangkan pelaksanaannya selama dua hari yakni tanggal 23-24 Nopember 2009
Selanjutnya Ahmad Madani memaparkan, untuk materi dan narasumber,  pertama kebijakan positif pemerintah daerah Provinsi jambi yang disampaikan oleh Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setda Jambi Ir. H.Haviz Husaini,MM Kedua kebijakan pemerintah Kabupaten Tebo dalam Pengembangan Potensi Pondok Pesantren di Prov. jambi yang disampaikan oleh Bupati Tebo Drs. H. Madjid Mu`az, MM., ketiga peranan dan Kebijakan Kantor Wilayah Departemen Agama Prov. Jambi yang disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kakanwil Depag Jambi Drs. H. Ahmad Madani, M.Pd.I keempat, Peranan Dinas Pendidikan Prov. Jambi dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Pondok Pesantren Di Prov. Jambi yang disampaikan oleh kadis Pendidikan Jambi Drs. H. Rahmat Derita, M.Pd Kelima, Peranan Dinas Pendidikan dalam Menunjang Kesehatan pada pondok Pesantren Di Prov. Jambi, terakhir peran Balitbangda dalam pengembangan Pondok Pesantren di Provinsi Jambi oleh Prof. DR. Ir. Haviz Aima (humas)

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 23 November 2009 in Info Depag Jambi

 

Tag:

One response to “Gubernur Jambi buka Halaqah Ponpes

  1. Shelly

    27 Juni 2013 at 5:45 pm

    Great blog here! Also your site loads up fast! What web host are you using?
    Can I get your affiliate link to your host? I wish my web site loaded up as fast as yours lol

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: