RSS

PEMULANGAN JEMAAH HAJI PROV.JAMBI TAHUN 2009

04 Des

Jambi, 04 Des 2009 –Kanwil Depag. Karena Hujan, Pintu Asrama Haji Jadwal Pejemput Jamaah Haji Membludak. Intensitas para penjemput jamaah haji cukup tinggi didukung dengan cuaca hujan lebat membuat benteng pertahanan pintu pagar asrama haji jebol. Padahal pengamanan pintu tersebut dipercayakan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Sat.PP) Provinsi Jambi, ternyata mereka juga takut basah. Kronologisnya, kedatangan pesawat ketiga, dengan menggunakan pesawat Kartika Airlines tiba di Bandara Sultan Thaha Jambi pada Pukul 14.00. WIB jamaah langsung diturunkan lalu dinaikan ke 4 buah bus, 2 unit bus Pemda Provinsi Jambi dan 1 unit minibus Kanwil Depag Jambi dan 1 unit bus minibus dari milik KPN IAIN STS Jambi untuk dibawa ke asrama haji. Setelah sampai ke asrama haji pintu pagar dibuka, begitu bus sudah masuk lokasi asrama untuk menuju aula, tak ayal lagi, ratusan para pejemput juga menerobos masuk sehingga tak bisa diblogkade lagi oleh pihak keamanan.

Para pejemput tak peduli basah kuyub ingin memeluk keluarganya yang baru pulang dari tanah suci Makkah itu, bahkan, isak tangis pun terjadi mewarnai pejemputan jamaah haji. Kepulangan Jamaah haji Provinsi Jambi juga disambut dengan isak tangis para keluarga yang menjemput. Tangisan itu merupakan rasa kebahagiaanya karena keluarga mereka dapat menyelesaikan ibadah haji serta dapat kembali ke tanah air dengan selamat. Kedatangan jamaah hari pertama yang tergabung pada kloter 001 sebanyak 444 orang terdiri dari jamaah Kota Jambi sebanyak 202 orang, Kabupaten Batanghari 131 orang, Muaro Jambi 111 orang.

Jadwal penerbangan pertama yang membawa jamaah Kota Jambi dan muaro Jambi seharusnya sampai di Bandara STS Jambi pukul 7.30 WIB, namun kerena sesuatu hal tertunda (delay) menjadi pukul 8.30 WIB, keterlambatan satu jam itu sempat membuat panik para pejemput, karena mereka kuatir ada terjadi sesuatu terhadap perjalan jamaah. Kedatangan kedua juga bergeser semula jadwal pukul 10.00 WIB menjadi pukul 11.00. WIB,membawa jamaah Kota Jambi sebanyak 120 orang. Sedangkan kedatangan pesawat yang ketiga yang membawa jamaah haji Kota Jambi 73 orang dan jamaah Kabupaten Batanghari 47 orang, seharusnya pukul 12.30 WIB bergeser pada pukul 14.00. WIB. Sedangkan penerbangan keempatnya seharusnya tiba di Bandara Sultan Taha Jambi pukul 15 tertunda menjadi pukul 17.00. WIB dengan membawa jamaah 84 orang asal Kabupaten Batanghari.

Kedatangan jemaah haji pada Jumat (4-12) pada penerbangan ketiga yang juga membawa Kakanwil Provinsi Jambi Drs. H. Abdul Kadir Husein, M.Pd.I, cukup mengkuatirkan panitia, sebab pintu pagar asrama haji yang dibentengi oleh pengamanan Satuan Pamong Paraja (PP) jebol karena hari hujan cukup deras. Sedangkan kedatangan jamaah pada penerbangan pertama, kedua, dan keempat cukup aman, sedangkan barang jamaah haji dari bandara dibawa ke asrama haji dengan menggunakan mobil PS (truk) setiap keluarga jamaah yang mengambilnya harus memperlihatkan paspor jamaah, guna menjamin keamanan barang dari kehilangan dan kemungkinan jika tertukar.

Jamaah Haji Pulang, Pedagang Panen.

Kedatangan para jamaah haji ternyata membuat panen para pedagang, baik itu pedagangan mainan, maupun pedagang makanan yang juga memanfaatkan momentum setahun sekali ini.

Pantauan Panitia Haji, Jumat (4-12) sejak pukul 6.30 kendaraan roda empat sudah memadati halaman asrama haji dan bahkan kiri kanan depan asrama haji Jl. Agus Salim dimanfaatkan para pejemput untuk memarkirkan kendaraannya.

Membludaknya kendaraan tentunya begitu pula orangnya, sambil menunggu kedatangan bus jamaah, para pejemput juga menikmati makanan, soto, lontong, jus, sate padang, es cendol dan berbagai makanan lainnya.

Salah seorang pedagang sate yang mengaku dirinya asal Sumatera Barat namun tak mau menyebutkan namanya, mengaku biasanya setiap tahunnya berapa yang dibawa sate tetap habis. “Siang nanti para pejemput banyak yang lapar, mau pulang tanggung, sate juga yang dimakan pak, jangan tanya hasilnya pak malu saya, penghasilan kami tak sebanyak kontraktor” ujarnya sambil senyum.(humas)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Desember 2009 in Info Depag Jambi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: