RSS

Tips Mencegah Pembobolan ATM Bank

27 Jan

Berhubung isu pembobolan ATM bank-bank seperti BCA, Mandiri, BNI, BII, Permata lagi maraknya, maka postingan kali ini adalah mengenai tips mencegah ATM anda dibobol.

Anda tidak inginkan, apa yang terjadi di bali dan jakarta dimana beberapa warga Anjungan Tunai Mandiri nya dibobol orang atau sindikat. Semakin hari semakin canggih aja teknologi, kita harus tetap mawas diri dan selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian,hehhe. Inilah tips mencegah pembobolan ATM bank itu :

  1. Carilah lokasi yang aman untuk bertransaksi lewat ATM. Misalnya di tempat ramai atau dekat petugas keamanan.
  2. Pastikan dan biasakan anda masuk ke dalam kamar ATM sendirian, biarpun istri maupun anak apalagi sang kekasih suruh nunggu di luar aja. Coz, nomor PIN anda itu sangat penting dan seharusnya cuma anda yang mengetahuinya.
  3. Pastikan pada mesin ATM tersebut sudah terpasang ATM Skimmer. Kalau ada benda-benda yang mencurigakan misalnya anda melihat selotip terpasang di sekitar lubang masuk kartu ATM atau hal lainnya. Itu perlu diwaspadai dan sebaiknya laporkan ke petugas bila berada di area setempat atau pindah saja ke lokasi lain.
  4. Pastikan tidak ada kamera pengintai ciri-cirinya tidak nampak seperti kamera CCTV tapi bentuknya kadang sangat kecil dan berada di area keypad ATM.
  5. Biasakan juga ketika mengetikkan kode PIN ATM anda selalu dengan menutup dengan tangan.
  6. Gantilah PIN ATM anda secara berkala. • Ketika selesai bertransaksi, jangan langsung pergi. Kembali masukkan kartu ATM anda dengan mengetikkan kode PIN yang salah. Lalu cabut kembali kartu ATM anda. Ini untuk mengecoh tindakan para skimmer. Seperti kita ketahui bahwa di Indonesia ini belum merata penggunaan Chip pada kartu ATM sehingga rentan terhadap tindak pembobolan oleh para pelaku, khususnya yang menguasai teknologi.
  7. Mari kita terus mawas diri ketika bertransaksi ATM.

Source : pancallok.blogspot.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 27 Januari 2010 in Informasi IT, Informasi Penting

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: