RSS

P3K Serangan Jantung

17 Feb

Rekans… Seringkali kita melihat dalam sinetron atau dalam film-film atau dalam simulasi waktu masih zaman-zamannya Dokter Cilik (di Sekolah,red) bagaimana menghadapi dan menanggulangi bila berhadapan dengan kondisi orang yang mengalami serangan jantung… Dalam kenyataannya, apa yang kita lihat dapat pula kita alami (tul ga’..?) Nah, ini nih mungkin bisa menjadi referensi kita bilamana kita mengalami hal-hal yang saya sebutkan diatas.

Begini ilustrasinya,..

Umpamanya- saat sekarang jam 17:50 sore, setelah anda sibuk kerja seharian , anda sedang dalam perjalanan pulang dengan mengedarai mobil. (sudah tentu anda sendirian!)

Anda merasa sangat tegang, dan merasa tidak enak badan. Tiba-tiba anda merasa sakit yang sangat di dada, dan mulai menjalar ke lengan dan dagu.

Tetapi, jarak kerumah sakit yang terdekat kira-kira masih 5 Km, lebih celakanya lagi anda tidak tahu apakah dapat mempertahan sampai begitu jauh.

Lalu harus bagaimana???

Ehmm.. saya dulu pernah dilatih CPR. Tapi instrukturnya tidak pernah mengajarkan saya bagaimana cara menolong diri sendiri.. (Waduh guawat tuh….)

Saat sendirian, kena serangan jantung. Bagaimaan cara pertolongan pertamanya..??

Seseorang ketika jantungnya tidak dapat berdenyut secara normal, serta merasa hampir pingsan. Ia mempunyai waktu kira-kira 10 detik, setelah itu akan hilang kesadaran dan pingsan. Jika di sekitarnya tidak ada orang yang memberikan pertolongan pertama. Penderita harus menggunakan waktu yang 10 detik tersebut untuk menolong dirinya sendiri.

Lalu, harus bagaimana..???

Jangan Panik. Usahakan anda untuk batuk-batuk terus menerus dan sekuat mungkin..

Lah, pegimana ini orang sakit kok ditambahin disuruh batuk-batuk..!!! Mungkin ada yang menggumam seperti ini. Nanti kita jelaskan selengkap-lengkap dan setuntas-tuntasnya,he…he.. kayak KPK aja.. Tapi sebelum dijelaskan maksud dan tujuannya ada baiknya saya informasikan teknis/petunjuknya..

Setiap kali sebelum batuk, harus tarik nafas dalam-dalam. Kemudian batuk-batuklah sekuat tenaga anda, dalam-dalam dan panjang-panjang seperti hendak mengeluarkan dahak yang ada di dalam dada.

Setiap selang 2 detik harus menarik nafas sekali dan batuk sekali hingga pertolongan tiba, atau hingga merasa denyut jantung sudah normal. Setelah itu baru boleh beristirahat.

Nah sekarang sesuai janji, saya akan menjelaskan mengapa hal-hal diatas itu perlu dilakukan.

Tujuan menarik nafas adalah untuk memasukkan oxygen ke dalam paru-paru. Kemudian tujuan mengapa harus mengkondisikan supaya batuk-batuk sekencang-kencang, sedalam-dalam dan sepanjang-panjangnya adalah karena tujuan batuk tersebut untuk menekan jantung  agar aliran darah bersirkulasi. Batuk yang tujuannya menekan jantung tadi juga dapat membantu denyut jantung kembali normal.

Cara ini dilakukan agar kita dapat atau mempunyai waktu dan kesempatan untuk ke rumah sakit.

Begitu Ceritanya.

Silakan memberitahu kepada orang lain cara pertolongan pertama serangan jantung ini。

Mungkin saja dapat menolong mereka !!!

Jangan kira umur anda kurang dari 25 atau 30, tidak mungkin dapat serangan jantung. Sehubungan dengan perubahan cara kehidupan masa kini, Serangan jantung dapat saja menyerang semua level umur.

 Sumber : Journal of General Hospital Rochester.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Februari 2010 in Kesehatan

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: