RSS

Dua Opsi Bapepam untuk Nasabah Bakrie Life: Pailit atau Sabar

25 Jun

Kamis, 24/06/2010 15:13 WIB
Dua Opsi Bapepam untuk Nasabah Bakrie Life: Pailit atau Sabar
Herdaru Purnomo – detikFinance

Jakarta – Badan Pengawas Pasar Modal-Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) menemui para nasabah Diamond Investa PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) yang kembali harus gigit jari karena pengembalian dana yang seret.

Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK Isa Rachmatarwata mengungkapkan, kedua belah pihak bertukar pikiran mengenai bagaimana penyelesaian pembayaran dana nasabah. Bapepam mengaku sejauh ini telah berupaya memantau pembayaran dana pokok serta bunga kepada nasabah. 
“Kita tadi tukar info dan tukar pikiran mengenai perkembangan penyelesaian kewajiban Bakrie Life,” ujarnya usai bertemu dengan beberapa nasabah yang tergabung dalam Tim Penyelamatan Pengembalian Dana Nasabah (TP2DN) Bakrie Life di Gedung Bapepam-LK, Jalan Wahidin Kamis (24/06/2010).

Isa mengatakan, pihaknya bersama dengan nasabah membicarakan alternatif upaya untuk mencegah keterlambatan pembayaran.

“Mereka (nasabah) menyampakan beberapa pemikiran, tapi masih banyak yang harus didiskusikan. Beberapa diantaranya harus didiskusikan langsung dengan manajemen,” kata Isa.

Ditempat yang sama, Koordinator TP2DN Bakrie Life, Wahyudi mengatakan opsi pertama yang diberikan Bapepam yakni melalui jalur hukum.

“Kita dianjurkan untuk menempuh jalur hukum jika memang mereka (Bakrie Life) susah membayarkan cicilan utangnya kepada nasabah,” ujar Wahyudi.

Namun, lanjut Wahyudi upaya jalur hukum tidak dijelaskan secara spesifik oleh Bapepam. “Mungkin bisa saja dengan mempailitkan Bakrie Life melalui Pengadilan Niaga dan Bapepam nantinya akan mencabut izin usahanya,” jelas Wahyudi.

Kemudian, opsi yang kedua adalah para nasabah diharapkan untuk sabar dalam menunggu pelunasan pembayaran dana nasabah. “Kedua, kita disuruh sabar menunggu,” katanya.

Menurut Wahyudi, pihaknya untuk sementara memilih opsi yang kedua dimana sabar menunggu cicilan dilunasi.

“Opsi kedua mungkin akan kita lakukan untuk sementara, namun kita meminta kepada Bapepam agar terus memantau perkembangannya,” katanya.

Setelah itu, sambung Wahyudi, TP2DN akan mengambil langkah selanjutnya termasuk opsi pailit itu.

Untuk diketahui, Bakrie Life mengalami gagal bayar kepada sejumlah nasabah produk investasi berbasis asuransi dengan nama Diamond Investa. Total kerugian yang harus ditanggung manajemen sebesar Rp 360 miliar.

(dru/dnl)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 25 Juni 2010 in Asuransi, Informasi Penting

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: