RSS

Tips memilih laptop

19 Mei

Pada saat ini penggunaan laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan. Orang dengan mobilitas tinggi menggunakan laptop dalam menunjang kegiatannya. Dengan semakin meningkatnya pengguna laptop produsen laptop terpacu untuk menyediakan berbagai macam tipe laptop. 

Hal ini kadang menimbulkan kesulitan tersendiri terutama bagi pengguna awam yang belum mengenal seluk beluk laptop. Pengalaman penulis, sering ditanya teman tentang jenis laptop apa yang paling baik untuk mereka.

Dengan pengalaman itu penulis mencoba memberikan tips tentang bagaimana memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Tips-tipsnya adalah sebagai berikut:

  • Tentukan dulu kegunaannya, apakah laptop akan dipakai untuk gaming, desain,  pemrograman, atau hanya untuk pemakaian biasa (mobile). Tipe laptop yang disediakan produsen untuk penggunaan ini adalah notebook dan netbook
    • Jika laptop dipakai untuk tujuan gaming dan desain, sebaiknya dipilih spesifikasi laptop dengan menitikberatkan pada kemampuan kartu VGA (Video Graphics Array) dan memori yang handal. Jika ingin laptop dengan kemampuan lebih tinggi, pemilihan teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit sangat disarankan  (disarankan memakai notebook dengan dedicated graphics biasamya menggunakan chip dari ATI atau Nvidia).

  • Terlepas dari pemilihan penggunaan, beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memilih laptop adalah soal besar layar, berat laptop dan umur baterai. Jika Anda akan sering memakai laptop diperjalanan, sebaiknya pilih laptop yang ringan, dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar agar tidak kesulitan membawanya.
  • Umur baterai juga patut dipertimbangkan. Umumnya baterai laptop paling tidak bisa bertahan 3 hingga 5 jam tanpa terhubung ke adapter (untuk netbook ada yang bisa bertahan sampai 6 sampai 7 jam). Jika Anda ingin menghemat penggunaan baterai, matikan fungsi konektifitas seperti Wifi atau Bluetooth karena fungsi tersebut akan memperbanyak konsumsi baterai, manfaaatkan juga fitur speedstep untuk mengurangi kinerja laptop.
  • Pertimbangkan layanan purna jualnya. Saat hendak membeli laptop di Toko, jangan lupa untuk mempertimbangkan layanan purna jualnya mulai dari gerai service (banyak atau tidak, mudah dijangkau atau tidak), ketersediaan spare parts serta harga jual kembali. Jangan memilih laptop yang spare parts-nya sulit dicari. Dalam hal ini jangan terpengaruh oleh merk laptop. Pengalaman penulis kadangkala laptop dengan merk dari luar negeri agak susah pada saat diklaim kerusakan,  sementara merk dalam  negeri lebih cepat dalam merespon klaim.
  • Pertimbangkan harga dan sesuaikan dengan kantong Anda, jangan karena memaksakan ingin mendapatkan laptop yang anda inginkan, dan pada akhirnya anda mengorbankan kebutuhan lain yang mungkin lebih penting. (tidak semua laptop dengan harga mahal pasti bagus dan juga tidak semua laptop dengan harga murah pasti jelek).

Demikian sedikit tips dari penulis. Pilihlah laptop sesuai kebutuhan dan kemampuan. Selamat memilih laptop

Penulis : Goman37

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: